Selasa, 21 Februari 2012

Membuat desain Datawarehouse dengan SQL 2005

Beberapa praktisi di bidang teknologi Business Intelligence mengutarakan sebuah fakta bahwa hampir 80% kesalahan fatal dari pengembangan sebuah proyek BI / datawarehouse adalah kesalahan assessment kebutuhan dan desain dari star schema. Star schema sendiri merupakan sebuah desain standard di teori datawarehouse untuk membuat sebuah database siap dijadikan menjadi Cube atau bentuk MultiDimensional Database. Beberapa kaidah yang perlu diperhatikan dalam membuat desain datawarehouse adalah sebagai berikut :

  1. Apakah di dalam 1 database star schema akan dipakai oleh lebih dari 1 buah fokus bisnis proses. Fokus bisnis proses itu merupakan sebuah proses pekerjaan yang akan kita ukur pekerjaannya contohnya adalah sales, purchasing, human resource, production dan masih banyak lainnya. Jika nantinya di dalam sebuah star schema design akan menggunakan lebih dari 1 fokus bisnis proses berarti kita harus mempersiapkan tabel - tabel dimension yang nanti-nya bisa digunakan untuk semua proses fokus bisnis.
  2. Kebutuhan minimal desain 1 buah database star schema adalah terdiri dari minimal 1 buah fact table , 1 measure dan 1 buah dimension table.
  3. Kebutuhan sebuah tabel dimension terhadap surrogate key harus disesuaikan dengan proses bisnis yang mengacu kepada dimension table tersebut.
  4. Keberadaan data yang terdapat didalam dimension table dan fact table harus dijaga dengan menggunakan referential integrity antara dimension tabel dan fact table-nya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More